Minggu, 25 November 2018

PENGOLAHAN CITRA DIGITAL : MENGHITUNG FILTER GABOR

Halo teman teman semua, dipostingna saya yang kedua saya akan membahas cara menghitung manual dengan metode gabor filter. Sebelum memulai perhitungan secara manual ada baiknya kita melihat rumus berikut.


Dimana:
            x,y = letak pixel
            f = frekuensi
            θ = sudut orientasi
            σ = standar deviasi pada fungsi Gaussian.

Langsung saja kita menuju langkah – langkah penghitungannya.
Langkah 1: persiapkan matriks yang akan difilter
Pada pembentukan matriks filter digunakan penetapan nilai matriks dengan pusat (center) koordinat x,y tersebut bernilai 0,0 dan pembagian kedua matriks bernilai negatif dan positif. Saya memiliki filter dengan ukuran 5x5, berikut adalah matriksnya.


Langkah 2 : menetapkan nilai fungsi yang akan digunakan pada gabor filter.
Pada perhitungan kali ini saya menetapkan nilai dari f = 1, θ = 0, σ = 4. Jadi untuk penentuan ini itu sesuai dengan keperluan teman – teman semua.

Langkah 3 : perhitungan dari pixel ke pixel
Untuk langkah ketiga saya memberikan contoh perhitungannya, untuk lainnya itu cara perhitungannya dapat diulang uang dengan mengubah nilai dari letak pixelnya (x dan y).
Saya menggunakan pixel (-1,-1) sebagai contoh.

  

Setelah menghitung seluruh pixel didapatkan matriks dari filter gabor seperti berikut.

Mungkin sekian dulu yang bisa saya bagikan ke teman - teman. see you~

Reference:
Handayani,Lestari, 2017, "Analisa Metode Gabor dan Propbabilistic Neural Network untuk Klasifikasi Citra (Studi Kasus: Citra Daging Sapi dan Babi)"



Tidak ada komentar:

Posting Komentar